2/2/17

Cara Backup Data iPhone atau iPad Kamu

Backup Data di iPhone atau iPad

iPhone atau iPad menyimpan semua data pembelian item di App Store atau iTunes, foto, pesan, dokumen, pengaturan, dan banyak lagi hal lainnya. Itu semua merupakan data kamu yang paling penting dan berharga di iPhone atau iPad kamu. Cara terbaik untuk mengamankan semua data kamu tersebut adalah dengan membuat backup data iPhone atau iPad kamu melalui iCloud, atau langsung di komputer kamu menggunakan iTunes. Sebelum kamu mendownload software apapun,  ada baiknaya kamu harus selalu mem-backup perangkat kamu, untuk menjaga hal - hal yang tidak di inginkan misalkan tidak sengaja ada file yang terhapus, atau yang paling parahnya lagi jika iPhone atau iPad kamu dicuri.

Apa itu Backup di iPhone atau iPad ?

Sebuah proses pencadangan data dari iPhone atau iPad yang di dalamnya mencakup Musik yang telah di beli, apps, books; foto dan video di Camera Roll; Device setting (seperti Wallpaper, Contacts, Mail dan lain-lain); app data; HomeScreen dan App Organization; Message (iMessage, SMS, dan MMS; Ringtones dan banyak lagi lainnya).

Kamu dapat menggunakan iCloud sebagai lokasi penyimpanan backup data dari perangkat kamu, atau kamu juga dapat menggunakan iTunes sebagai lokasi penyimpanan backup data dari perangkat kamu dengan cara terhubung ke komputer kamu. Perbedaan utama dari iCloud dan iTunes adalah di mana data cadangan kamu itu disimpan. Jika di iCloud backup data dari perangkat kamu di simpan di iCloud (di layanan cloud storage) dan jika di iTunes backup data dari perangkat kamu disimpan secara lokal pada Mac atau PC.

Jika kamu menyimpan backup data iPhone atau iPad kamu menggunakan iCloud, maka kamu akan lebih mudah mengaksesnya di mana saja dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. Namun jika kamu  menyimpan backup data perangkat kamu menggunakan iTunes, kamu harus selalu terhubung ke komputer untuk bisa mengaksesnya.

Cara Mengaktifkan iCloud Backup di iPhone atau iPad Kamu 

mengaktifkan Backup iPhone atau iPad ke iCloud

Menggunakan iCloud sebagai lokasi penyimpanan backup data untuk iPhone atau iPad merupakan ide yang sangat bagus. Karena jika terjadi sesuatu ke iPhone atau iPad, kamu akan memiliki backup data yang dapat kamu akses dari mana saja tentunya di barengi juga dengan koneksi internet. Tapi sebelum kamu dapat memulai backup data secara otomatis ke iCloud, kamu harus memastikan bahwa backup data iCloud diaktifkan pada perangkat kamu.

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone atau iPad kamu.
  2. Ketuk iCloud.
  3. Ketuk Backup.
  4.  Aktifkan iCloud Backup dengan memindahkan slider ke on / hijau.
  5. Kamu akan diperingatkan bahwa iPhone kamu tidak akan di cadangkan ke komputer secara otomatis lagi. Tekan OK.
iCloud akan memproses backup data kamu dan kamu tinggal menunggunya sampai selesai. Untuk estimasi waktunya tergantung pada size dan koneksi internet kamu.
Jika kamu sebelumnya belum pernah menggunakan iCloud, di backup data pertama ini bisa di pastiakan dapat memakan waktu yang lumayan lama. Untuk di backup data selanjutnya iCloud hanya akan meng-upload perubahan yang telah dilakukan sejak terakhir kamu membackup-nya, dan pasti akan jauh lebih cepat dari backup data pertama kamu.

Cara Memicu iCloud Backup Secara Manual


Backup iPhone atau iPad ke iCloud secara manual

Mem-backup otomatis ke iCloud harus terjadi setidaknya sehari sekali: backup data akan di lakukan ketika iPhone, iPad, atau iPod touch kamu terhubung ke Wi-Fi. Jika kamu ingin melakukannya setiap satu jam, atau bahkan tiap beberapa menit untuk membuat cadangan, berikut adalah cara untuk melakukannya.

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone atau iPad.
  2. Pilih iCloud.
  3. Ketuk Backup.
  4. Tekan pada Back Up Now.
Jika kamu ingin membuat backup data iPhone atau iPad ke iCloud, kamu harus terlebih dahulu memiliki account iCloud dan barulah kamu akan bisa masuk ke dalamnya.


Cara Mengaktifkan iTunes Backup


mengaktifkan Backup data iPhone atau iPad ke iTunes

Jika kamu tidak ingin menyimpan backup data perangkat kamu di iCloud, sebagai gantinya, kamu dapat menyimpannya secara lokal pada komputer kamu.

  1. Hubungkan perangkat kamu ke komputer.
  2. Buka aplikasi iTunes. Jika di komputer kamu belum terinstal iTunes silahkan download terlebih dahulu.
  3. Klik pada ikon Device sebelah menu dropdown kategori di sisi kiri jendela iTunes.
  4. Pilih Summary.
  5. Pilih This Computer.
  6. Centang kotak untuk Encrypt local backup.
  7. Klik Done.

Cara Membuat Backup Data iPhone atau iPad Melalui iTunes Secara Manual


Backup data iPhone atau iPad secara manual ke iTunes

Jika kamu telah mengaktifkan backup iTunes, perangkat kamu akan dicadangkan secara otomatis ketika kamu terhubung ke komputer kamu. Kamu juga dapat membackup data secara manual di iPhone atau iPad.

  1. Hubungkan perangkat kamu ke komputer.
  2. Buka aplikasi iTunes.
  3. Klik pada ikon Device sebelah menu dropdown kategori di sisi kiri jendela iTunes.
  4. Pilih Summary.
  5. Pilih Back Up Now.
  6. Klik Done.

Apakah kamu memiliki pertanyaan tentang cara backup data di iPhone atau iPad? Silahkan tinggalkan komentar di bawah dan kami akan segera membantu kamu memechakan masalahnya.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.