2/18/17

Cara Mengatur Passcode di iPhone dan iPod Touch

Cara Mengatur Passcode di iPhone dan iPod Touch

Mengatur passcode pada iPhone atau iPod touch adalah suatu ukuran keamanan untuk membantu melindungi data kamu yang ada di iPhone atau iPod Touch dari sentuhan pengguna yang tidak memiliki akses. Passcode akan melindungi informasi pribadi dan rekening bank kamu selama ponsel hilang atau dicuri.  Pada tulisan kali ini saya akan membantu kamu menyiapkan dan mengatur passcode di iPhone dan iPod touch.

Menyiapkan Passcode 

Untuk mengatur kode sandi pada perangkat kamu, silahkan ikuti langkah berikut:
  1. Ketuk aplikasi Pengaturan di layar Utama.
  2. Ketuk Touch ID & Kode Sandi.
  3. Tap Aktifkan Passcode On.
  4. Masukkan kode sandi 6-digit (atau 4 digit kode sandi untuk iOS 8 dan versi sebelumnya). 
  5. Masukan kembali kode sandi yang sama untuk konfirmasikan kode sandi.

Setelah selesai, maka iPhone atau iPod touch kamu sekarang sudah dilindungi dengan kode sandi, dan kamu akan diminta untuk memasukkan kode sandi ketika kamu membuka lock screen, menghidupkan atau memulai ulang perangkat, memperbarui perangkat lunak, menghapus perangkat, melihat atau mengubah pengaturan kode sandi, dan menginstal profil Konfigurasi iOS.

Mengatur Passcode Lanjutan untuk iOS 8 dan versi sebelumnya

IPhone yang menjalankan iOS 8 dan versi sebelumnya hanya menggunakan passcode 4 digit numerik, bukan kode 6 digit numerik yang kuat. Pada iPhone ini, Apple menyertakan opsi untuk mengatur kode sandi lanjutan. Jika kamu menginginkan keamanan yang lebih kuat dari penawaran kode sandi 4 digit numerik, kamu dapat membuat passcode dengan kombinasi antara huruf dan angka yang kamu inginkan.

Untuk mengaturnya ikuti langkah berikut:

  1. Pada Touch ID & Passcode (atau hanya Passcode Lock Screen di ponsel tanpa Touch ID), Pindahkan slider di  kode sandi sederhana  dari ON ke OFF. (ON akan di tandai dengan warna hijau dan OFF di tandai warna putih).
  2. Masukkan kode sandi baru di kolom yang disediakan. kamu tidak akan terbatas hanya pada angka saja.
  3. Masukkan ulang passcode baru untuk konfirmasi dan tekan Next/Berikutnya.

Touch ID

Touch ID mulai di gunakan pada iPhone 5s, dan sekarang semua iPhone dan perangkat mobile Apple lainnya sudah dilengkapi dengan Touch ID. Bahkan setelah kamu mengatur pemindaian sidik jari Touch ID untuk membuka kunci ponsel, kamu akan diminta untuk memasukkan kode sandi kamu ketika kamu me-restart perangkat. Meskipun Touch ID ini cukup untuk di gunakan sebagai Apple ID kamu saat membeli item dari iTunes Store dan App Store, tetapi jika kamu menggunakan ApplePay dengan kartu kredit di aplikasi Wallet, kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan kode sandi untuk keamanan tambahan.

Mengatur Passcode Pilihan

Ketika menetapkan kode sandi pada perangkat iOS kamu, Kamu akan diminta untuk memilih sejumlah opsi/pilihan untuk mengaktifkan atau mematikan beberapa fitur tanpa harus memasukkan kode sandi. Jika perngkat kamu mendukung Touch ID, opsi untuk menambahkan sidik jari Touch ID pada passcode ini akan meliputi opsi :

  • Memerlukan Sandi - Pengaturan ini mengontrol berapa lama iPhone kamu tetap tidak terkunci saat kamu tidak menggunakannya. Semakin cepat kunci layar, semakin mengamankan ponsel kamu dari orang-orang yang ingin mengintip. 
  • Voice Dial - Pindahkan slider ini untuk On / hijau untuk memungkinkan kamu memberitahu iPhone untuk melakukan panggilan tanpa membuka telepon kamu.
  • Siri - Pada iPhone 4S dan model terbaru, kamu dapat mengakses Siri dari layar kunci dengan menekan tombol Home. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengakses beberapa fitur dari ponsel kamu, bahkan jika itu dilindungi oleh kode sandi. Kamu dapat memblokir Siri beroperasi tanpa kode sandi dengan memindahkan slider Siri ke off untuk mematikan yang di tandai warna putih.
  • Balas dengan Pesan - Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks dari layar terkunci untuk seseorang yang sering menelepon kamu, misalnya seperti "Panggil saya lagi dalam 10 menit.". Pindahkan slider ke Off / putih untuk menonaktifkan Balas dengan fitur Pesan.
  • Kontrol Rumah - Aplikasi rumah (Homekit) di perkenalkan di iOS 10. Pengaturan ini mencegah siapa pun dengan telepon kamu mengirimkan instruksi untuk keamanan dan pencahayaan perangkat HomeKit kamu.
  • Wallet atau Passbook - Jika kamu menggunakan Wallet (Passbook dalam versi iOS sebelumnya) untuk menyimpan etickets, kartu hadiah, kartu kredit dan data pribadi lainnya, kamu mungkin ingin memindahkan slider ini untuk Off / putih untuk mengharuskan kamu membuka iPhone kamu dengan passcode untuk membuat informasi ini terlihat.
  • Menghapus data - ini adalah sarana utama menjaga data kamu dari tangan orang yang tidak berhak. Pindahkan slider ini untuk On / hijau dan ketika seseorang memasuki passcode 10 kali di perangkat kamu, maka semua data pada perangkat secara otomatis dihapus.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.