2/17/17

Cara Menggunakan Control Center di iPhone dan iPod Touch

Cara Menggunakan Control Center di iPhone dan iPod touch

Control Center adalah salah satu fitur tersembunyi yang paling berguna dari iOS. Ia menawarkan banyak sekali jalan pintas untuk mengakses secara cepat  fitur yang  berguna pada iPhone atau iPod touch (dan iPad) kamu.  Ingin mengaktifkan Bluetooth secara cepat?  Lupakan cara masuk melalui menu pengaturan, karena kamu hanya tingggal membuka Control Center dan tekan tombol ikon Bluetooth. Kamu mungkin akan bertanya-tanya bagaimana kamu bisa melakukan itu semua pada perangkat kamu.

Control Center Pilihan

Control Center telah diaktifkan pada perangkat iOS secara default oleh Apple, sehingga kamu tidak perlu mengaktifkan jika ingin menggunakannya.

Meskipun telah di aktifkan secara default, kamu tetap memilik dua pengaturan di Control Center. Untuk mengatur Control Center tersebut, buka aplikasi Settings dan kemudian ketuk Control Center. Di layar itu, kamu dapat mengontrol apakah kamu dapat menggunakan Control Center ketika perangkat terkunci dan apakah kamu dapat mengakses Control Center dari dalam aplikasi. Pindahkan tombol slider untuk mematikan dan mengaktifkan (Jika aktif akan di tandai warna hijau dan jika dimatikan akan di tandai warna putih).

Menggunakan Control Center

Untuk menggunakan Control Center sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggesek ke atas dari bagian bawah layar iPhone. Cara yang paling efektif untuk menampilkan Control Center secara cepat gesek sedikit dari bawah layar, tepat di sebelah tombol home.

Setelah Control Center tampil atau muncul, inilah semua item di dalamnya tidak (lihat gambar di atas; penjelasan ini menjalankan kiri ke kanan, atas ke bawah):

Tampilan Control Center di iOS 10
  • Airplane Mode - Untuk mengaktifkan Airplane Mode, cukup tekan ikon ini. Jika Airplane Mode aktif ikon akan berwarna oranye. Untuk mematikannya tekan lagi ikon tersebut dan akan di tandai warna hitam jika dimatikan.
  • Wi-Fi - Untuk mengaktifkan perangkat konektivitas Wi-Fi, ketuk ikon ini. Jika kamu tidak dekat jaringan Wi-Fi yang dikenali, Kamu akan melihat opsi untuk menyambung jaringan melalui pengaturan.
  • Bluetooth - Lupakan menavigasi melalui Settings app untuk mengaktifkan Bluetooth. Hanya tekan ikon ini untuk mengaktifkan perangkat Anda untuk menghubungkan ke perangkat Bluetooth.
  • Jangan Ganggu (Do Not Disturb) - Mengheningkan panggilan, peringatan, dan pemberitahuan yang kamu terima saat perangkat terkunci.
  • Kunci Orientasi Layar - Tekan ikon ini untuk mencegah layar kamu memutar saat menggerakkan perangkat
  • Kecerahan - Gunakan slider ini untuk menyesuaikan kecerahan tampilan dari layar mana pun.
  • AirDrop - Tekan tombol ini untuk mengaktifkan fitur berbagi file AirDrop. Bila kamu mengaktifkan ini, kamu harus memilih beberapa pilihan dengan siapak kamu ingin berbagi.
  • Night Shift - Tekan tombol ini untuk mengubah kehangatan warna layar perangkat kamu untuk melihat lebih baik di malam hari. Hanya ada pada iOS 9 dan versi iOS yang lebih tinggi.
  • Senter -  Kilat LED pada kamera kamu berfungsi ganda sebagai senter, sehingga kamu dapat memperoleh cahaya tambahan bila membutuhkannya.
  • Jam - Ikon ini merupakan jalan pintas untuk masuk ke aplikasi jam iOS. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur alarm, timer, atau stopwatch, atau memeriksa waktu di negara lain.
  • Kalkulator - Tekan ikon ini untuk masuk ke aplikasi Kalkulator iOS secara cepat. Fungsinya sama seperti kalkulator biasa.
  • Kamera - Jangan lewatkan momen untuk mengambil gambar dengan akses cepat ke aplikasi kamera.

Pada iOS 10, Control Center memiliki dua panel pilihan. Pertama berisi opsi yang dijelaskan di atas, yang ke dua silahkan kamu Geser Control Center ke kiri, kamu akan menemukan pilihan Musik dan AirPlay. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot gambar di bawah beserta penjelasannya.

Tampilan Control Center di iOS 10
  • Kontrol musik - Tombol-tombol ini memungkinkan kamu mengontrol pemutaran musik di perangkat kamu. Progress bar menunjukkan seberapa jauh ke lagu kamu dan berapa banyak yang tersisa. kamu dapat menarik garis di bar yang bergerak dalam lagu tersebut. Tombol-tombol di bawahnya membiarkan kamu pindah ke yang terakhir lagu, play / pause, atau pindah ke lagu berikutnya. Slider bawah untuk mengontrol volume.
  • AirPlay - ketuk ikon ini untuk beralih ke output audio.

Control Center dan 3D Touch

Jika kamu menggunakan iPhone 6S atau versi lebih baru, Kamu dapat menggunakan 3D Touch untuk melakukan tindakan cepat di Control Center. Tekan lama pada aplikasi berikut ini dan pilih tindakan cepat.

  • Senter - Pilih Cahaya Terang, Cahaya Sedang, atau Cahaya Redup.
  • Jam - Atur Timer selama 1 Menit, 5 Menit, 20 Menit, atau 1 Jam.
  • Kalkulator - Salin hasil lalu mencapai di aplikasi untuk paste ke aplikasi lain.
  • Kamera - Shortcuts membiarkan kamu mengambil Foto, Rekam Slo-mo, Rekam Video, atau Buat Selfie.
Control Center di iOS 9 dan versi Sebelumnya 

Control Center (Pusat kontrol) telah menjadi bagian dari iOS sejak iOS 7, tetapi tidak selalu dapat di akses menggunakan cara yang sama. Ada beberapa perbedaan penting jika kamu menggunakan versi sebelumnya dari iOS, termasuk:

  • Satu panel - Sebelum iOS 10, Control Center hanya memiliki satu panel options.
  • Tidak ada Night Shift - Fitur Night Shift tidak ada pada iOS 7 dan 8.
  • Tidak ada 3D Touch -  Fitur Pilihan 3D Touch dimulai sejak hadirnya iOS 10.

Menyembunyikan Control Center

Setelah kamu selesai menggunakan Control Center, untuk menutup/menyembunyikannya kembali cukup menggesek turun dari atas layar, atau dengan cara mengetuk bagian atas layar, dan kamu juga dapat menekan tombol Home untuk menyembunyikan Control Center.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.