3/7/17

8 Cara Memperbaiki iPhone Yang Tidak Bisa Koneksi ke Wi-Fi

Memiliki iPhone yang tidak bisa terhubung ke Wi-Fi, tentu akan membuat kamu sebagai penggunanya merasa resah jika masalah itu belum terpecahkan. Meskipun kamu memiliki data seluler tak terbatas pada iPhone kamu, kamu tetap akan membutuhkan koneksi ke Wi-Fi untuk melakukan beberapa hal seperti, memperbarui iOS, download file besar (mengunduh aplikasi di App Store yang ukurannya melebihi 100MB), streaming musik dan video dengan kualitas terbaik. Jadi bisa di katakan pengguna iPhone sangat tergantung sekali terhadap koneksi Wi-Fi.

Dalam banyak kasus, menghubungkan kembali ponsel kamu ke jaringan Wi-Fi dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana untuk memecahkan masalah, meskipun dalam beberapa kasus teknik yang lebih kompleks diperlukan. Untuk mengatasi itu, mulailah kamu mencoba solusi dari yang sederhana kemudian ke yang lebih kompleks untuk menyambung kembali iPhone kamu ke Wi-Fi agar mendapatkan kembali akses internet berkecepatan tinggi.


1. Pastikan Kamu Telah Mengaktifkan Wi-Fi

Control Center dengan Wi-Fi Turned On

Hal yang pertama harus kamu cek ketika sulit terhubung ke jaringan Wi-Fi adalah memastikan bahwa kamu telah mengaktifkan Wi-Fi dengan benar. Untuk memastikannya atau jika belum di hidupkan, kamu bisa menggunakan Control Center. Kamu hanya tinggal mengeser ke atas dari bagian bawah layar dan sentuh ikon Wi-Fi untuk mengaktifkannya.

Saat kamu berada di Control Center, kamu akan melihat ikon Wi-Fi di samping ikon Airplane Mode.

2. Pastikan Jaringan Wi-Fi Tidak di Lindungi Password

Biasanya beberapa jaringan Wi-Fi, seperti yang ada di sekolah, kantor hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja, karena mereka menggunakan password untuk mencegah penggunaan yang bersifat publik. Jaringan tersebut memiliki ikon kunci di samping nama jaringan di layar pengaturan Wi-Fi. Jika kamu mengalami kesulitan menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, pergi ke Pengaturan > Wi-Fi dan melihat apakah jaringan Wi-Fi memiliki ikon kunci di sebelahnya. Jika iya, kamu dapat meminta password dari pemilik jaringan.

Jika kamu memiliki password tetapi masih mengalami kesulitan, tekan nama jaringan yang tidak dapat bergabung dan tekan Lupakan Jaringan ini pada layar baru yang akan muncul.

Selanjutnya kamu kembali ke layar pengaturan Wi-Fi dan pilih jaringan, masukkan password dan tekan Gabung.

3. Force Restart iPhone

iPhone terjebak di layar apple

Force Restart di iPhone biasanya dilakuakan jika kamu menjumpai beberapa masalah sederhana seputar sistem operasi. Kamu mungkin perlu mencoba melakukan hal ini, jika kamu tetap tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Tahan tombol Home dan tombol Sleep / Wake secara bersamaan dan tahan terus sampai layar terlihat blank dan logo Apple muncul untuk melakukan restart perangkat.

4. Update ke iOS terbaru

Perangkat lunak yang tidak diperbarui secara teratur, dapat menyebabkan masalah kompatibilitas. Appel secara teratur merilis update untuk iOS yang dirancang agar kompatibel. Periksa untuk melihat apakah update iOS tersedia untuk perangkat kamu. Jika ada, maka kamu harus menginstalnya supaya dapat memecahkan masalah kamu.

Untuk memeriksa pembaruan iOS:
  1. Ketuk Pengaturan
  2. Ketuk Umum.
  3. Tekan Software Update.
  4. Jika layar menunjukkan pembaruan tersedia untuk iPhone kamu, pasang telepon ke stopkontak listrik dan tekan Download dan Install.

5. Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Pengaturan Jaringan di iPhone kamu berisi segala macam informasi, termasuk data dan preferensi untuk jaringan seluler dan koneksi Wi-Fi. Jika salah satu dari pengaturan Wi-Fi rusak, maka dapat mencegah kamu mendapatkan jaringan Wi-Fi. Dalam hal ini, solusinya adalah mengatur ulang pengaturan jaringan, meskipun ini menghapus beberapa preferensi dan data yang tersimpan yang berkaitan dengan konektivitas. Kamu mungkin harus meminta pemilik jaringan untuk koneksi data dan untuk memasukkan lagi:
  1. Ketuk Pengaturan
  2. Ketuk Umum.
  3. Gesek ke bawah dan tekan Reset.
  4. Ketuk Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

6. Matikan Layanan Lokasi

Mematikan layanan lokasi Wifi

iPhone kamu dirancang untuk melakukan banyak hal berguna. Salah satunya melibatkan menggunakan jaringan Wi-Fi di dekat kamu untuk meningkatkan akurasi pemetaan dan lokasi layanan. Ini adalah bonus kecil yang bagus, tetapi bisa menjadi penyebab iPhone kamu tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika sejauh ini tidak ada solusi yang dapat membantu, maka matikan pengaturan ini.
  1. Ketuk Pengaturan
  2. Ketuk Privasi.
  3. Ketuk Layanan Lokasi.
  4. Gesek ke bawah dan ketuk Layanan Sistem.
  5. Pindahkan slider Jaringan Wi-Fi ke posisi Off.

7. Kembalikan iPhone ke Pengaturan Pabrik

Jika masih tidak ada solusi yang dapat membantu, maka kamu harus mengambil langkah dengan mengembalikan iPhone kamu ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus segala sesuatu dari iPhone dan akan mengembalikannya ke kondisi seperti saat pertama kali kamu membuka iPhone dari box-nya. Sebelum kamu melakukan ini, pastikan kamu membuat cadangan (mem-back up) lengkap dari semua data pada ponsel kamu. Kemudian, bersihkan iPhone kamu:
  1. Ketuk pengaturan
  2. Ketuk Umum.
  3. Gesek ke bawah dan tekan Reset.
  4. Tekan Erase All Content and Settings.
  5. Kamu akan diminta untuk mengkonfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin melakukan ini. Konfirmasi dan lanjutkan dengan reset.

8. Hubungi Apple

Jika iPhone kamu masih tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, mungkin iPhone kamu memiliki masalah hardware, dan masalah hardware yang terbaik didiagnosis dan diperbaiki oleh penyedia layanan yang ditunjuk Appel. Segera bawa iPhone kamu ke Apple Store terdekat untuk pemeriksaan atau untuk alternatif bisa menghubungi dukungan Apple online.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.