3/9/17

Cara Sync iPhone ke iTunes Melalui WiFi

Sinkronisasi (Sync) iPhone Melalui WiFi

IPhone memudahkan untuk melakukan hampir semua hal secara nirkabel, termasuk sinkronisasi iPhone ke komputer kamu. Cara yang umum untuk melakukan sinkronisasi perangkat biasanya menggunakan kabel USB (original) yang datang dengan iPhone kamu. Tapi apakah kamu tahu dengan hanya mengubah satu pengaturan di aplikasi iTunes dapat menyinkronkan iPhone kamu melalui Wi-Fi pada komputer kamu? Inilah yang perlu kamu ketahui.

Untuk dapat melakukan sinkronisasi melalui Wi-Fi pada iPhone kamu, kamu memerlukan :
  • iPhone, iPod touch, atau iPad yang menjalankan iOS 5 atau lebih tinggi
  • iTunes 10.6 atau yang berjalan dengan versi lebih tinggi pada komputer kamu; pastikan untuk selalu update ke versi terbaru
  • Komputer dan  iPhone kamu terhubung ke jaringan WiFi yang sama

Merubah Pengaturan iTunes sebelum melakukan Sinkronisasi (Sync) iPhone Melalui WiFi

Percaya atau tidak, untuk melakukan sinkronisasi iPhone kamu secara nirkabel kamu hanya perlu menggunakan kabel USB setidaknya sekali. Itu karena kamu perlu mengubah pengaturan di iTunes untuk mengaktifkan sinkronisasi nirkabel untuk ponsel kamu. Lakukan hal ini sekali dan kamu dapat melakukan sinkronisai nirkabel setiap kali setelah melakukan hal itu.
  1. Mulailah dengan menghubungkan iPhone atau iPod touch ke komputer kamu melalui USB dengan cara seperti saat kamu ingin menyinkronkan perangkat kamu
  2. Di iTunes, pergi ke layar manajemen iPhone. Kamu mungkin perlu melakukan klik pada ikon iPhone di pojok kiri atas, tepat di bawah kontrol pemutaran
  3. Ketika kamu berada di layar ini, cari kotak Option ke bagian bawah layar. Dalam kotak itu, centang opsi Sync with this iPhone over Wi-Fi
  4. Klik tombol Apply di pojok kanan bawah untuk menyimpan perubahan
  5. Keluarkan iPhone kamu dengan mengklik panah atas yang menghadap samping ikon perangkat di kolom kiri iTunes. Kemudian cabut iPhone kamu dari komputer kamu.

Melakukan sinkronisasi (Sync) pada iPhone kamu melalui Wi-Fi

Dengan pengaturan yang berubah dan iPhone kamu tidak lagi terhubung ke komputer kamu, maka kamu telah siap untuk melakukan sinkronisasi melalui Wi-Fi.

Seperti yang saya sebutkan, kamu tidak perlu mengubah pengaturan di komputer lagi. Mulai sekarang, cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk sinkronisasi:

  1. Ketuk aplikasi Settings pada iPhone kamu
  2. Ketuk General
  3. Gulir ke bawah, lalu ketuk iTunes Wi-Fi Sync
  4. Layar iTunes Wi-Fi Sync akan menampilkan daftar nama-nama komputer yang pernah kamu gunakan untuk melakukan sinkronisasi ke iPhone kamu, dan juga tombol Sync Now. Kemudian Ketuk Sync Now
  5. Jika kamu berubah pikiran maka kamu bisa menekan tombol Cancel Sync. Sebuah pesan akan muncul saat sync selesai. Yang berarti kamu sudah selesai!

Tips Mengatasi Masalah saat Sinkronisasi iPhone melalui Wi-Fi

Jika kamu mengalami masalah sinkronisasi iPhone kamu melalui Wi-Fi, cobalah dengan melakukan perbaikan ini:
  1. Restart iPhone kamu.
  2. Mengkonfirmasi bahwa kedua perangkat menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama dan komputer kamu tidak dalam mode sleep
  3. Periksa firewall kamu. Pastikan bahwa firewall memungkinkan koneksi pada port TCP 123 dan 3689, dan port UDP 123 dan 5353. 

Akhir Kata

Dengan menggunakan cara ini tentu saja keruwetan yang mungkin terjadi karena banyaknya kabel yang terhubung ke laptop atau komputer kamu dapat dihindari. Tetapi Syncing iPhone kamu secara nirkabel lebih lambat daripada melakukannya melalui USB. Jadi, jika kamu memiliki banyak sekali konten untuk di sinkronisasi, saya menyarankan kamu menggunakan metode melalui kabel USB. Dan juga, kamu tidak dapat mengubah setelan sinkronisasi pada iPhone atau iPod touch, karena hanya bisa dilakukan di iTunes.

Sebenernya ada cara lain dari sinkronisasi nirkabel. Kamu tidak perlu untuk melakukan sinkronisasi dengan komputer atau iTunes sama sekali. Jika kamu ingin, kamu dapat melakukan sinkronisasi semua data iPhone kamu ke iCloud. Sebagian orang memilih opsi ini. Terutama bagi orang yang tidak memiliki laptop atau komputer, itu satu-satunya pilihan.

Baca artikel ini untuk mengetahu lebih lanjut tentang cara backup data iPhone kamu ke iCloud.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai