3/14/17

Tips Mengatasi iPhone Yang Tidak Bisa Update Aplikasi

Mengupdate aplikasi di iPhone kamu biasanya hanya tinggal menekan beberapa tombol saja. Tapi dalam beberapa situasi langka, ada sesuatu yang tidak beres yang menyebabkan iPhone kamu tidak bisa melakukan update aplikasi. Menekan tombol Update di App Store tidak melakukan apa-apa. Jika kamu menghadapi masalah ini dan tahu koneksi internet kamu berjalan dengan baik, jangan khawatir: artikel ini memiliki 13 tips tentang cara mengatasinya.

Pastikan Kamu Menggunakan Apple ID yang Benar
Mengatasi iPhone Yang Tidak Bisa Update Aplikasi

Jika kamu tidak dapat mengupdate aplikasi, hal pertama yang perlu kamu periksa adalah bahwa kamu menggunakan Apple ID yang benar. Ketika kamu men-download aplikasi, itu akan menjadi terkait dengan Apple ID yang kamu gunakan pada saat kamu men-download. Itu berarti untuk menggunakan aplikasi pada iPhone kamu, kamu perlu login ke dalam Apple ID asli.

Pada iPhone kamu, kamu dapat mengkonfirmasi Apple ID yang digunakan untuk mendapatkan sebuah aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk aplikasi App Store.
  2. Ketuk Updates.
  3. Ketuk Purchased.
  4. Periksa untuk melihat apakah aplikasi ada terdaftar di sini. Jika tidak, itu kemungkinan didownload dengan Apple ID yang lain.


Jika kamu menggunakan iTunes, kamu dapat mengkonfirmasi Apple ID yang digunakan untuk mendapatkan sebuah aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Pergi ke daftar untuk aplikasi
  2. Klik kanan pada aplikasi kamu
  3. Klik Get Info.
  4. Klik tab File.
  5. Lihatlah pada Purchased by Apple ID.


Pastikan Pembatasan di Nonaktifkan
Fitur Pembatasan di iOS

Fitur Pembatasan dari iOS memungkinkan seseorang (biasanya orang tua) menonaktifkan fitur tertentu dari iPhone. Salah satu fitur yang ada didalamnya adalah kemampuan untuk men-download aplikasi. Jadi, jika kamu tidak dapat menginstal update, mungkin karena fitur tersebut diblokir.

Untuk memeriksa dan mematikan pembatasan aplikasi, ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Restrictions.
  4. Jika diminta, masukkan passcode kamu.
  5. Cek menu Installing Apps. Jika slider diatur ke off/putih itu tandanya mengupdate aplikasi diblokir. Pindahkan slider untuk On/hijau untuk mengembalikan fitur update.


Keluarkan dan Masukan Kembali Akun Apple ID
Sign Out App Store On iPhone

Kadang-kadang, hal yang perlu kamu lakukan untuk memperbaiki iPhone yang tidak dapat mengupdate aplikasi hanya dengan mengeluarkan dan memasukan kembali Akun Apple ID kamu. Ini sangat musah sekali, tapi hal itu bisa memecahkan masalah. Inilah yang perlu kamu lakukan:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk iTunes & App Store.
  3. Ketuk menu Apple ID.
  4. Dalam menu pop-up, tekan Sign Out.
  5. Ketuk menu Apple ID lagi dan sign in kembali dengan Apple ID kamu.


Cek Penyimpanan yang Tersedia
Memeriksa Penyimpanan yang Tersedia pada iPhone

Berikut penjelasan mudahnya: Mungkin kamu tidak dapat menginstal update aplikasi karena kamu tidak memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di iPhone kamu. Jika kamu memiliki sedikit penyimpanan, telepon mungkin tidak memiliki ruang yang dibutuhkan untuk melakukan update dan mengakomodasi versi baru dari aplikasi.

Periksa ruang penyimpanan kamu dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk About.
  4. Lihat baris Availabel. Itulah jumlah ruang kosong yang kamu miliki.


Jika penyimpanan yang tersedia sangat rendah, coba hapus beberapa data kamu yang tidak perlu seperti aplikasi, foto, podcast, atau video.

Restart iPhone
iPhone Stuck apple logo

Langkah sederhana yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pada iPhone adalah me-restart perangkat. Kadang-kadang telepon kamu hanya perlu diatur ulang dan ketika mulai akan kembali segar. Untuk me-restart iPhone kamu:

  1. Tahan tombol sleep/wake
  2. Ketika slider muncul di bagian atas layar, pindahkan dari kiri ke kanan
  3. Biarkan iPhone mematikan
  4. Ketika off dan ingin menghidupkan kembali, tahan tombol sleep/wake lagi sampai muncul logo Apple
  5. Lepaskan tombol dan biarkan telepon memulai seperti biasa.


Update ke versi iOS terbaru
Update ke iOS terbaru

Solusi lain yang umum untuk mengatasi banyak masalah adalah memastikan bahwa perangkat kamu menjalankan versi terbaru dari iOS. Hal ini sangat penting ketika kamu tidak dapat memperbarui aplikasi, karena versi baru dari aplikasi mungkin memerlukan versi terbaru dari iOS daripada yang kamu gunakan sekarang. Baca artikel berikut untuk mempelajari cara memperbarui iOS pada iPhone kamu:



Merubah Pengaturan Tanggal dan Waktu
set time automatically on iphone

Pengaturan tanggal dan waktu pada iPhone kamu juga mempengaruhi apakah itu dapat mengupdate aplikasi atau tidak. Alasan untuk hal ini sangatlah kompleks, namun pada dasarnya iPhone kamu melakukan sejumlah pemeriksaan ketika berkomunikasi dengan server Apple untuk melakukan hal-hal seperti pembaruan aplikasi dan salah satu hal yang mereka cek adalah tanggal dan waktu. Jika pengaturan tanggal dan waktu di perangkat kamu off, dapat menyebabkan masalah seperti tidak mampu untuk mengupdate aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini, dengan menetapkan tanggal dan waktu secara otomatis, untuk mengaturnya ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Date & Time.
  4. Pindahkan slider Set Automatically ke On/hijau.


Hapus dan Kemudian Install Ulang Aplikasi
Menghapus Aplikasi di iPhone

Jika sejauh ini tidak ada cara yang bekerja, coba hapus dan menginstal ulang aplikasi. Kadang-kadang sebuah aplikasi hanya membutuhkan sebuah awal baru dan ketika kamu melakukan ini, kamu akan menginstal versi terbaru dari aplikasi.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menghapus aplikasi, baca:



Hapus Cache App Store
Clear App Store Cache on iPhone

Aplikasi App Store membuat catatan tentang apa yang kamu lakukan di aplikasi dan toko ke dalam semacam memori yang disebut cache. Dalam beberapa kasus, cache dapat mencegah kamu mengupdate aplikasi kamu.

Untuk menghapus cache (jangan khawatir, mengosongkan cache tidak akan menyebabkan kamu kehilangan data apapun), ikuti langkah berikut:

  1. Ketuk aplikasi App Store
  2. Ketuk salah satu ikon di bagian bawah aplikasi sebanyak 10 kali atau lebih.
  3. Ketika kamu melakukan ini, aplikasi akan muncul untuk me-restart dan membawa kamu ke tab pertama. Ini menandakan bahwa aplikasi App Store kamu jelas menyimpan banyak cache.


Update Aplikasi Menggunakan iTunes
Update App Menggunakan iTunes

Jika aplikasi tidak bisa memperbarui pada iPhone kamu, cobalah melakukannya melalui iTunes (dengan asumsi kamu menggunakan iTunes yang telah di sahkan dengan telepon kamu). Untuk melakukan hal ini cukup sederhana:

  1. Di komputer kamu, Jalankan aplikasi iTunes.
  2. Pilih Apps dari menu drop-down di bagian kiri atas
  3. Klik Update tepat di bawah jendela atas.
  4. Klik salah satu ikon aplikasi yang ingin kamu update.
  5. Pada bagian yang terbuka, klik tombol Update.
  6. Ketika aplikasi telah diupdate, sync iPhone kamu seperti biasa dan menginstal aplikasi yang diupdate.


Reset Semua Pengaturan
Reset All Settings on iPhone

Jika kamu masih tidak dapat memperbarui aplikasi, kita sekarang masuk ke bagian yang sedikit lebih drastis. Yang mungkin diperlukan jika tidak ada cara lain yang belum bekerja. Opsi pertama di sini adalah untuk mencoba me-reset semua pengaturan iPhone kamu.

Hal ini tidak akan menghapus data dari ponsel kamu. Itu hanya mengembalikan beberapa preferensi kamu dan pengaturan ke status awal. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Ketuk Settings.
  2. Ketuk General.
  3. Ketuk Reset.
  4. Ketuk Reset All Settings.
  5. Kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan passcode kamu. Silahkan masukan passcode kamu jika kamu ingin melanjutkan
  6. Pada jendela pop-up, ketuk Reset All Settings.


Kembalikan iPhone ke Pengaturan Pabrik
Factory Reset iPhone

Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, saatnya untuk mencoba langkah paling drastis: menghapus segala sesuatu dari iPhone Anda dan mengaturnya dari awal.

Ini adalah proses yang lebih besar, jadi saya punya artikel lengkap yang ditujukan untuk topik ini: Cara Mengembalikan iPhone ke Pengaturan Pabrik.

Setelah itu selesai, kamu mungkin juga ingin mengembalikan iPhone dari backup.

Dapatkan Dukungan dari Apple

Jika kamu sudah mencoba semua langkah ini dan tetap tidak dapat mengupdate aplikasi kamu, mungkin sudah saatnya untuk mengajukan banding ke otoritas yang lebih tinggi: Apple. Apple memberikan dukungan teknis melalui telepon dan di Apple Store. Nah, berhubung di Indonesai belum ada Apple Store, maka kamu bisa mengunjungi services center Apple terdekat. Semoga berhasil!

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai