3/2/17

Tips Merapihkan Aplikasi dan Folder di Home screen iPhone

Tips Merapihkan Aplikasi dan Folder di Home screen iPhone

Sudah pasti Home screen merupakan tempat yang pertama kali kita jumpai setelah kita membuka passcode lockscreen, dan juga tempat yang paling sering dikunjungi oleh setiap pengguna iPhone. Di Home screen, kamu akan menemukan seluruh ikon aplikasi  yang kita beli, atau unduh secara gratis, tautan yang kita simpan pada halaman web dan juga folder. Tampilan Home screen yang berantakan, secara tidak langsung dapat menurunkan mood kamu saat menggunakan perangkat iDevice kamu.

Salah satu cara termudah untuk merapihkan aplikasi dan folder di Home screen iPhone adalah dengan menata ulang (mengatur ulang) tata letak aplikasi dan folder sesuai dengan keinginan kamu, dan juga menyimpan aplikasi favorit kamu di dalam satu folder kemudian menempatkannya pada layar pertama merupakan salah satu ide terbaik untuk memudahkan kamu mengaksesnya.

Karena iPod touch menjalankan sistem operasi yang sama, kamu juga dapat menggunakan tips ini untuk menyesuaikannya. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk merapihkan aplikasi dan folder di Home screen iPhone.

Menata ulang (mengatur ulang) aplikasi iPhone

Untuk mengatur ulang aplikasi Home Screen iPhone, lakukan hal berikut:
  1. Tekan pada aplikasi dan tahan jari kamu di atasnya sampai ikon mulai gemetar.
  2. Ketika ikon gemetar, kamu dapat mengatur ulang mereka dalam urutan apapun yang kamu inginkan (ikon harus bertukar tempat pada layar; aplikasi atau folder tidak dapat memiliki ruang kosong di antara mereka). Hanya dengan cara drag and drop aplikasi ke lokasi baru.
  3. Untuk memindahkan ikon ke layar baru, yang disebut halaman, seret ikon dari layar ke kanan atau kiri dan membiarkannya tinggal di halaman baru.
  4. Ketika ikon sudah berada di tempat yang kamu inginkan, angkat jari kamu dari layar untuk menyimpan aplikasi tersebut.
  5. Untuk menyimpan perubahan, tekan tombol home.

Kamu juga dapat memilih aplikasi yang ingin di tampilkan di dock (yang berada di bagian bawah layar iPhone). Kamu dapat mengatur ulang aplikasi tersebut menggunakan langkah-langkah di atas atau kamu juga dapat mengganti aplikasi tersebut dengan yang baru dengan menyeret aplikasi keluar dari dock dan menyeret aplikasi baru ke dalam dock.


Membuat Folder di iPhone

Kamu dapat menyimpan aplikasi iPhone atau tautan yang kita simpan pada halaman web di dalam folder, yang merupakan salah satu cara yang berguna untuk menjaga homescreen kamu tetap rapih, atau untuk menyimpan aplikasi berdasarkan kategori yang kamu inginkan. Di iOS 6 dan sebelumnya, setiap folder dapat berisi hingga 12 aplikasi pada iPhone dan 20 aplikasi di iPad. Di iOS 7 dan versi yang lebi baru, Apple menghapus batasan jumlah aplikasi di dalam folder, sehingga kamu bisa bebas memasukan aplikasi ke dalam folder.

Kamu dapat memindahkan dan mengatur folder dalam cara yang sama seperti megatur ulang aplikasi.

Pelajari cara membuat folder iPhone dalam artikel ini.

Membuat Beberapa halaman dari Aplikasi dan Folder

Selain dengan menggunakan folder, jika kamu memiliki puluhan aplikasi pada iPhone kamu, maka kamu bisa merapihkan Home screen kamu dengan menggunakan beberapa halaman.Misalnya, kamu menggunakan halaman khusus untuk mengelompokan aplikasi berdasarkan kategori/jenis-jenis seperti Produktivitas, games, aplikasi chatting, aplikasi favorit kamu, aplikasi yang baru di instal, dan banyak lagi.

Untuk membuat halaman baru:
  1. Tekan dan tahan pada sebuah aplikasi atau folder sampai semuanya mulai gemetar
  2. Seret aplikasi atau folder dari sisi kanan layar. Ini harus geser ke sebuah halaman baru, kosong
  3. Kemudaian lepaskan aplikasi stersebut ke halaman baru
  4. Klik tombol home untuk menyimpan halaman baru.
Kamu juga dapat membuat halaman baru di iTunes saat iPhone kamu disinkronkan ke komputer/laptop kamu.

Jika kamu memiliki lebih dari satu halaman dari aplikasi pada iPhone kamu setelah menata ulang mereka, kamu dapat menggulir melalui halaman baik dengan menggeser mereka ke kiri atau kanan atau dengan menekan titik-titik putih tepat di atas dock. Titik-titik putih menunjukkan berapa banyak halaman yang telah dibuat.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.