5/22/17

Cara Memasang dan Menggunakan Widget Notification Center

Widget Notification Center di iPhone

Di iOS 8, Notification Center menjadi lebih berguna. Aplikasi pihak ketiga sekarang dapat menampilkan aplikasi mini, yang disebut widget, di Notification Center sehingga kamu dapat melakukan tugas cepat tanpa membuka aplikasi lengkap. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Widget Notification Center.

Pengguna iPhone dan iPod touch telah menikmati Notification Center-menu pull-down yang dikemas dengan semburan informasi singkat dari aplikasi-selama bertahun-tahun.

Entah itu untuk mendapatkan suhu, harga saham, update media sosial, atau berita lainnya, yang disampaikan Notification Center.

Tapi itu tidak memberikan sepenuhnya. Ini menunjukkan beberapa informasi, tapi yang ditunjukkannya itu dasar dan terutama teks. Untuk melakukan apapun dengan teks itu, untuk bertindak berdasarkan pemberitahuan yang baru saja kamu dapatkan, diperlukan untuk membuka aplikasi yang mengirim pemberitahuan tersebut. Namun semua itu diubah di iOS 8 berkat fitur baru yang disebut Widget Notification Center.

Apa itu Widget Notification Center?

Pikirkan widget sebagai aplikasi mini yang tinggal di Pusat Notifikasi. Pusat Notifikasi digunakan sebagai kumpulan notifikasi teks singkat yang dikirim oleh aplikasi yang tidak dapat kamu manfaatkan. Widget pada dasarnya mengambil fitur aplikasi yang dipilih dan membuatnya tersedia di Notification Center sehingga kamu dapat menggunakannya dengan cepat tanpa membuka aplikasi lain.

Ada dua hal penting untuk dipahami tentang widget:

  • Tidak semua aplikasi menawarkan widget. Dukungan untuk fitur ini harus dibuat dalam sebuah aplikasi, jadi tidak setiap aplikasi di ponsel kamu-bahkan aplikasi yang bekerja dengan Notification Center-akan kompatibel.
  • Kamu tidak bisa mendapatkan widget sendiri. Karena fitur itu harus dibangun ke dalam aplikasi yang lebih besar, kamu tidak bisa hanya mendownload widget sendiri. Ini adalah bagian integral dari aplikasi yang berasal darinya.

Saat ini, karena fiturnya sangat baru, tidak banyak aplikasi yang menawarkan widget. Itu akan berubah karena lebih banyak aplikasi diperbarui untuk mendukung fitur ini, namun jika kamu ingin mencoba widget sekarang, Apple memiliki koleksi aplikasi yang kompatibel di sini.

Memasang Widget Notification Center

Setelah kamu mendapatkan beberapa aplikasi yang mendukung widget di ponsel kamu, memungkinkan widget sangat mudah. Ikuti saja 4 langkah berikut ini:

  1. Gesek ke bawah dari atas layar untuk membuka Notification Center
  2. Pada tampilan Today, ketuk tombol Edit di bagian bawah
  3. Ini menunjukkan semua aplikasi yang menawarkan Widget Notification Center. Carilah bagian Do Not Include di bagian bawah. Jika kamu melihat sebuah aplikasi yang widgetnya ingin kamu tambahkan ke Notification Center, sentuh hijau + di sebelahnya.
  4. Aplikasi itu akan berpindah ke menu atas (widget yang diaktifkan). Ketuk Done.


Cara Menggunakan Widget

Setelah memasang beberapa widget, untuk menggunakannya sangatlah mudah. Cukup gesek ke bawah untuk mengungkapkan Notification Center dan menggeseknya untuk menemukan widget yang kamu inginkan.

Beberapa widget tidak akan membiarkan kamu berbuat banyak (widget Yahoo Weather, misalnya, hanya menunjukkan cuaca lokal kamu dengan gambar yang bagus). Untuk melakukan itu, cukup ketuk mereka untuk dibawa pergi ke aplikasi lengkap.

Aplikasi yang lainnya membiarkan kamu menggunakan aplikasi tanpa meninggalkan Notification Center. Misalnya, Evernote menawarkan cara pintas untuk membuat catatan baru.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.