5/22/17

Cara Memperbaiki iPad Yang Lambat

Memperbaiki iPad Yang Lambat

Apakah iPad kamu berjalan lambat (alias Lemot)? Apakah tampaknya macet setelah beberapa jam? Sementara ini lebih sering terjadi pada iPads lawas yang tidak memiliki kekuatan pemrosesan dari iPad Line dan tablet iPad Pro baru, bahkan iPad terbaru pun bisa saja macet. Ada beberapa alasan mengapa iPad mulai berjalan lambat, termasuk aplikasi yang berjalan di latar belakang atau hanya koneksi Internet yang lambat. Beruntung, ini sering mudah diperbaiki.

Pertama: Membersihkan Aplikasi dari Memori

Alasan paling umum untuk iPad adalah masalah dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Saat kamu menutup sebuah aplikasi, iPad tidak menutupnya sepenuhnya. Sebagian besar aplikasi tetap siap untuk diluncurkan lagi, dan beberapa aplikasi seperti aplikasi Musik terus bekerja di latar belakang. Biasanya, ini membuat iPad kamu tampil lebih cepat. Aplikasi ini akan dimuat lebih cepat karena sudah ada di memori. Tapi terkadang, mereka bisa menimbulkan masalah.

Untuk menutup aplikasi, kamu perlu menampilkan daftar semua aplikasi yang berjalan di latar belakang:

  1. Double-click home button di bagian bawah iPad kamu. 

➤ Bila kamu menekannya dua kali berturut-turut, aplikasi terbaru kamu akan ditampilkan sebagai jendela bertingkat di layar. Kamu dapat menavigasi melalui layar ini dengan menggesek dari kiri ke kanan atau kanan-ke-kiri. Jendela aktif akan memiliki ikon aplikasi yang sesuai di atasnya.

Untuk menutup aplikasi individual:

  1. Tahan jari kamu di jendela yang aktif.
  2. Tanpa mengangkat jari kamu dari layar, geser ke arah bagian atas layar.

➤ Gerakan ini menyerupai "menjentikkan" aplikasi dari iPad. Ingat: kamu menyentuh jendela aplikasi, bukan ikon aplikasi.

Lanjutkan dan tutup empat atau lima aplikasi pertama dan lihat apakah itu membantu.
Jika tidak, kamu perlu me-reboot iPad kamu. Ingatlah bahwa pembersihan aplikasi tidak menghemat masa pakai baterai kecuali aplikasi tidak dimatikan dengan benar.

Reboot iPad

Menutup aplikasi tidak akan selalu berhasil melakukan triknya. Dalam hal ini, reboot iPad adalah jalan terbaik. Ini akan menyegarkan segalanya dari memori dan memberi iPad kamu awal yang bersih.

CATATAN: Banyak orang percaya bahwa kekuatan iPad turun saat tombol Sleep / Wake di bagian atas iPad ditekan atau saat lipatan Smart Cover atau Smart Case mereka dekat, namun ini hanya menempatkan iPad dalam mode suspend.

Untuk reboot iPad:

  1. Tahan tombol Sleep / Wake sampai instruksi muncul memberitahu kamu untuk menggeser tombol untuk mematikan iPad.
  2. Saat kamu menggeser tombol, tablet akan mati dan layar iPad akan benar-benar gelap.

Tunggu beberapa detik dan kemudian hidupkan iPad kembali dengan menekan tombol sleep / wake lagi. Pertama-tama kamu akan melihat logo Apple di layar dan iPad kamu akan segera hidup. IPad kamu harus berjalan lebih cepat tapi, jika mulai macet, ingatlah aplikasi yang sedang berjalan saat itu. Terkadang, satu aplikasi pun bisa menyebabkan iPad berkinerja buruk.

Apakah iPad kamu masih berjalan lebih lambat dari yang kamu inginkan?

Periksa Koneksi Wi-Fi Kamu

Mungkin iPad kamu tidak berjalan lamban.

Mungkin jaringan Wi-Fi kamu. Kamu dapat memeriksa kecepatan Internet jaringan Wi-Fi kamu dengan menggunakan aplikasi seperti Ookla's Speedtest. Aplikasi ini akan mengirim data ke server jauh dan kemudian mengirim data kembali ke iPad, menguji kecepatan upload dan download.

Jika kamu mengalami masalah dengan koneksi Wi-Fi kamu, cobalah bergerak lebih dekat ke router kamu.

 Jika kecepatan meningkat, kamu mungkin perlu melihat ke dalam meningkatkan jangkauan Wi-Fi kamu. Ini biasa terjadi pada bangunan yang besar, tapi bahkan rumah kecil pun bisa bermasalah.

Pastikan Kamu Menjalankan Versi IOS saat ini

IOS adalah sistem operasi yang berjalan di iPad. Sementara update besar terkadang benar-benar akan menurunkan sedikit iPad yang lambat, itu ide bagus untuk selalu menjalankan sistem operasi terbaru. Hal ini tidak hanya akan memastikan bahwa kamu memiliki alat kinerja terbaru, ini juga memastikan bahwa kamu memiliki perbaikan terbaru untuk masalah keamanan apa pun.

Kamu dapat memeriksa versi iOS yang kamu jalankan dengan membuka aplikasi Settings, ketuk General pada Settings dan mengetuk Software Update. Jika kamu baru mengenal iPad atau iOS, inilah cara meng-upgrade ke versi terbaru iOS.

Memasang Ad Blocker

Jika kamu melihat kinerja yang melambat saat browsing web di browser Safari namun kecepatan internet kamu tidak lambat, mungkin itu merupakan gejala dari halaman browsing bukan daripada iPad itu sendiri.

Semakin banyak iklan di halaman web, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat. Dan jika ada salah satu dari iklan tersebut yang macet, kamu mungkin dibiarkan menunggu halaman web muncul.

Salah satu solusinya adalah memasang Ad Bloccker. Widget ini meningkatkan browser Safari dengan melarang iklan dimuat di halaman web. Mereka membuat keduanya mudah dibaca dan loading lebih cepat. Situs seperti ini menghasilkan uang dari iklan, jadi ini adalah keseimbangan yang harus kamu gali.

Nonaktifkan Background App Refresh

Yang satu ini benar-benar bisa menghemat masa pakai baterai dan juga menjaga iPad tetap ramping dan jahat. Penyegaran Aplikasi Latar Belakang (Background App Refresh) memungkinkan aplikasi menyegarkan konten mereka meskipun kamu tidak menggunakannya. Dengan cara ini, Facebook bisa menjangkau dan mengambil posting ke dinding kamu atau aplikasi News dapat mengambil artikel terbaru.

Namun, ini menggunakan sedikit kecepatan pemrosesan dan koneksi internet kamu, sehingga iPad bisa berjalan sedikit lebih lambat. Ini biasanya bukan penyebab utamanya, tapi jika kamu sering menemukan iPad berjalan lamban (dan terutama jika baterai cepat habis), kamu harus mematikan Background App Refresh.

Untuk menonaktifkan Background App Refresh:

  1. Pergi ke Settings iPad kamu.
  2. Pilih General dari menu navigasi sebelah kiri.
  3. Ketuk Background App Refresh.
  4. Ketuk panel geser on / off di bagian atas layar.

Jika kamu masih mengalami kecepatan lambat, ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan.

Hapus Ruang Penyimpanan

Jika kamu sangat putus asa dalam ruang penyimpanan, membersihkan sedikit ruang ekstra untuk iPad terkadang dapat meningkatkan kinerja. Hal ini bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan, terutama game yang jarang kamu mainkan.

Sangat mudah untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan ruang paling banyak di iPad kamu:

  1. Pergi ke Settings.
  2. Pilih General dari menu navigasi sebelah kiri.
  3. Ketuk Storage & iCloud usage.
  4. Ketuk Manage Storage (di bawah bagian Storage bagian atas). Ini akan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan.

Kamu juga bisa mempercepat Safari dengan menghapus cookies dan riwayat web kamu, walaupun ini akan menyebabkan kamu harus masuk kembali ke situs web manapun yang telah menyimpan informasi masuk kamu.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

1 comment

Thanks infonya min sangat membantu

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.