6/12/17

Format Gambar Baru HEVC dan HEIF di iOS 11

Kemera iPhone memotret wanita

Meskipun Apple sudah menghapus model penyimpanan 16GB pada iPhone tahun lalu, kehabisan ruang penyimpanan masih menjadi masalah bagi banyak pengguna iPhone. Berkat kemampuan iPhone untuk memotret video 4K dan mengambil foto beresolusi tinggi - belum lagi aplikasi yang haus memakan ruang penyimpanan - bahkan pengguna dengan penyimpanan 128GB sekalipun dapat dengan cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Dalam upaya untuk meringankan beban, Apple dengan iOS 11 akan menggabungkan format kamera baru yang akan membebaskan ruang penyimpanan iPhone kamu yang berharga. Awalnya diperkenalkan di WWDC, dua format baru - HEVC (High Efficiency Video Codec) dan HEIF (High Efficiency Image Format) - akan menawarkan pengguna kompresi IOS yang jauh lebih baik tanpa mengurangi kualitas foto sama sekali. Selama WWDC keynote, perwakilan Apple Craig Federeghi mengatakan bahwa kompresi dengan format foto baru 2x lebih baik daripada yang ada saat ini di iOS. Dengan kata lain, iOS 11 mungkin memerlukan banyak waktu untuk memastikan bahwa ruang penyimpanan tetap tersedia.

Dengan pengembang dan penggemar yang sudah sibuk menjelajahi setiap celah dan fitur tersembunyi iOS 11, Greg Barbosa dari 9to5Mac baru-baru ini memutuskan untuk mengajukan klaim penyimpanan foto Apple yang berani untuk diuji. Ketika membandingkan dua foto - yang diambil secara normal dan yang lainnya diambil dengan format yang baru diadopsi Apple - Barbosa menemukan bahwa yang pertama diperiksa pada 2MB sementara yang terakhir ditimbang pada 1.2MB yang jauh lebih ringan. Dengan banyak pemilik iPhone yang memotret ratusan foto, penghematan penyimpanan bisa bertambah sangat cepat.
Perbandingan JPG vs HEIC Format Gambar Baru iOS 11
9to5mac.com

Jika saat ini kamu menjalankan iOS 11 beta 1, kamu dapat memverifikasi ini dengan beralih antara format High Efficiency dan Most Compatible di bawah iOS Settings → Camera → Format. Di bawah format High Efficiency, gambar akan disimpan sebagai HEIC dan film sebagai file HEVC .mov. Di bawah Most Compatible, gambar akan disimpan sebagai JPG dan film sebagai berkas hov. H.264.

Dalam pengujian saya keluar pada malam hari dan mengambil foto dan video dari cakrawala kota New York. Gambar JPG keluarannya ditimbang pada 2 MB, sedangkan gambar HEIC masuk 1,2 MB. Demikian pula, h.264 encoded video adalah 61,2 MB, sedangkan h.265 (HEVC) video adalah 33 MB. 

Khususnya, format kamera baru ini kabarnya hanya akan bekerja pada perangkat dengan prosesor Apple A9, yaitu iPhone 6s, 6s Plus, iPhone SE, dan kedua model iPhone 7.

Dengan format foto baru, Apple telah menerapkan beberapa fitur lain di iOS 11 untuk membantu pengguna menghemat ruang penyimpanan.

Seperti yang telah kami jelaskan di awal minggu ini, iOS 11 memiliki fitur yang secara otomatis akan "membuang" aplikasi yang tidak terpakai sambil tetap mempertahankan data dan dokumen aplikasi tersebut jika pengguna ingin mendownloadnya di lain waktu. Selain itu, iOS 11 mempermudah pengguna untuk mencari dan menghapus percakapan, foto, dan lampiran yang kebetulan menghabiskan banyak ruang.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.