6/27/17

Cara Memindahkan Lagu ke iTunes

Cara Memindahkan Lagu ke iTunes

Saat streaming musik dan toko musik digital semakin populer, mendownload MP3 dari web dan menambahkannya ke iTunes mungkin terasa aneh. Tapi hal itu wajar-wajar saja, terutama jika kamu tidak mau mengeluarkan uang untuk mendapatkan lagu dan memilih mendownload lagu bajakan dari web yang sebenarnya melanggar hukum, atau kamu ingin menyimpan file hasil rekaman dari perangkat lain ke perangkat iOS kamu.

Dengan memindahkan file lagu ke iTunes, berarti kamu dapat menyelaraskannya dengan perangkat iOS (iPhone, iPad dan iPod Touch) kamu atau mendengarkan lagu kamu di komputer.

Kamu hanya butuh beberapa klik untuk menemukan dan mengimpor file.

Cara Menambahkan Lagu ke iTunes

Sebelum memulai, pastikan kamu mengetahui lokasi file audio yang kamu download. Biasanya ada di folder Download atau di suatu tempat di Desktop kamu.

  1. Buka iTunes.
  2. Untuk mengimport sekumpulan file sekaligus, klik menu File.
  3. Klik Add to Library.
  4. Sebuah jendela muncul yang memungkinkan kamu menavigasi hard drive komputer kamu. Arahkan ke lokasi tempat file berasal dari langkah 1.
  5. Klik satu kali file atau folder yang ingin kamu tambahkan lalu klik Open (Sebagai alternatif, kamu dapat mengklik dua kali item yang ingin kamu tambahkan).
  6. Sebuah progress bar muncul saat iTunes memproses file tersebut.
  7. Periksa apakah lagu ditambahkan dengan membuka opsi Music dari drop down di dekat pojok kiri atas. Kemudian pilih Songs dan klik kolom Date Added untuk melihat lagu yang baru ditambahkan.
  8. Bila kamu menambahkan lagu, iTunes harus secara otomatis mengkategorikannya berdasarkan nama, artis, album, dll.

Jika lagu yang diimpor tanpa artis dan informasi lainnya, kamu dapat mengganti tag ID3 secara manual.

Cara Copy Lagu Setelah Import Ke iTunes

Biasanya, saat kamu menambahkan musik ke iTunes, apa yang kamu lihat dalam program hanya merujuk ke lokasi sebenarnya dari file. Misalnya, jika kamu mengcopy file dari desktop ke iTunes, kamu tidak akan memindahkan file tersebut.

Sebagai gantinya, kamu menambahkan shortcut ke file di desktop.

Jika kamu memindahkan file asli, iTunes tidak dapat menemukannya dan tidak dapat memainkannya sampai kamu menemukannya secara manual lagi. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memiliki file copy iTunes ke dalam folder khusus. Kemudian, jika yang asli dipindahkan atau dihapus, iTunes masih menyimpan salinannya.

Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Di iTunes, klik Edit (di PC) atau iTunes (di Mac)
  2. Klik Preferences
  3. Klik Advanced
  4. Pada tab Advanced, centang Copy file ke iTunes Media Folder saat menambahkan ke perpustakaan.

Setelah diaktifkan, lagu yang baru diimpor ditambahkan ke folder \iTunes Media\ di dalam akun pengguna. File diorganisir berdasarkan nama artis dan album.

Misalnya, jika kamu menyeret lagu yang disebut "favoritesong.mp3" ke iTunes dengan pengaturan ini diaktifkan, maka akan masuk ke folder seperti ini: C:\Users\ [username] \ Music \ iTunes \ iTunes Media \ [artist] \ [Album] \ favoriteong.mp3.

Mengubah Format Lain ke MP3

Tidak semua lagu yang kamu download dari internet akan dalam format MP3 (kemungkinan kamu akan menemukan AAC atau FLAC). Jika kamu ingin memiliki file kamu dalam format yang berbeda, cara termudah untuk mengkonversinya adalah dengan menggunakan convert yang terpasang pada iTunes itu sendiri. Ada juga situs converter audio gratis atau program yang bisa melakukan pekerjaan ini.

Cara Lain untuk Menambahkan Lagu ke iTunes

Tentu saja, mendownload MP3 bukan satu-satunya cara untuk menambahkan lagu ke perpustakaan kamu. Pilihan lainnya meliputi:

  • Dari CD
  • Apple Music

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.