6/19/17

Cara Mendapatkan Kembali Aplikasi Yang Hilang Di iPhone Kamu

Mendapatkan Kembali Aplikasi Hilang Dari iPhone

Semua perangkat iOS - iPhone, iPod touch, dan iPad - hadir dengan aplikasi dari Apple. Di antaranya aplikasi yang paling populer adalah App Store, Safari web browser, iTunes Store, Kamera, dan FaceTime. Pada hampir semua perangkat iOS, kamu akan melihat aplikasi ini. Tapi terkadang aplikasi ini akan hilang dan kamu mungkin bertanya-tanya ke mana perginya mereka.

Ada dua kemungkinan mengapa aplikasi menghilang.

Itu bisa saja dihapus. Itu sudah jelas. Yang kurang jelas adalah aplikasi "hilang" mungkin disembunyikan menggunakan fitur Pembatasan Konten iOS.

Pembatasan Konten dibuat ke dalam iOS dan memungkinkan pengguna menonaktifkan beberapa aplikasi dan fitur bawaan. Saat pembatasan ini digunakan, aplikasi tersebut akan disembunyikan - paling tidak sampai diaktifkan kembali.

Aplikasi dan Fitur Yang Dapat Disembunyikan

Pembatasan Konten dapat menyembunyikan aplikasi berikut:

  • Safari
  • YouTube (di iOS 5 dan sebelumnya, di iOS 6 dan versi ke atas, YouTube perlu diunduh dari App Store)
  • Kamera
  • Siri & Dikte (dalam iOS 6 dan ke atas)
  • FaceTime
  • AirDrop (di iOS 7 dan ke atas)
  • CarPlay (di iOS 8 dan ke atas)
  • iTunes
  • Apple Music Connect
  • iBooks Store (di iOS 7 dan ke atas)
  • Podcast
  • News
  • App Store (di iOS 8 dan versi lebih atas, ini telah diganti dengan opsi Install Aplikasi, Menghapus Aplikasi, dan Pembelian Dalam Aplikasi).


Fungsi dan fitur iOS yang bisa dimatikan antara lain:

  • Layanan lokasi 
  • Menambahkan atau memodifikasi akun email dan banyak pengaturan lainnya
  • Berbagai pengaturan privasi (iOS 6 dan ke atas)
  • Perubahan pada pengaturan untuk data seluler, penyegaran aplikasi latar belakang, dan batas volume (iOS 7 dan versi atas)
  • Membeli konten iTunes Store melebihi peringkat yang diberikan
  • Game Center: Multiplayer Games, Adding Friends, Screen Recording


Mengapa Aplikasi Disembunyikan

Ada dua kelompok orang yang umumnya menggunakan Pembatasan Konten agar terlihat bahwa App Store dan aplikasi lainnya telah dihapus: orang tua dan administrator IT.

Orangtua menggunakan Pembatasan Konten untuk mencegah anaknya mengakses aplikasi, pengaturan, atau konten yang tidak diinginkan. Hal ini dapat mencegah anaknya mengakses konten dewasa atau dari mengekspos dirinya ke dunia maya melalui jejaring sosial atau berbagi foto.

Di sisi lain, jika kamu mendapatkan perangkat iOS inventaris dari atasan kamu, beberapa aplikasi mungkin hilang berkat pengaturan yang ada pada perangkat kamu oleh administrator IT perusahaan kamu. Itu mungkin karena ada kebijakan perusahaan tentang jenis konten yang dapat kamu akses di perangkat atau untuk alasan keamanan.

Cara Mendapatkan Kembali Aplikasi Yang Menggunakan Pembatasan Konten

Jika aplikasi App Store, Safari, atau aplikasi lainnya hilang, sangat mungkin untuk bisa mendapatkannya kembali. Tapi itu mungkin tidak mudah. Pertama, pastikan bahwa aplikasi benar-benar hilang, dan tidak pindah ke layar halaman lain atau dalam folder. Kamu dapat melakukannya dengan mencarinya menggunakan alat pencarian Spotlight yang ada di dalamnya.

Jika tidak ada di sana, periksa untuk melihat apakah Pembatasan Konten diaktifkan di aplikasi Pengaturan.

Untuk mematikannya, lakukan hal berikut:

  1. Ketuk Pengaturan.
  2. Ketuk Umum.
  3. Ketuk Pembatasan.
  4. Jika Pembatasan sudah diaktifkan, kamu akan diminta memasukkan kode sandi. Jika kamu seorang anak atau karyawan perusahaan, kamu mungkin tidak mengetahui passcode yang digunakan oleh orang tua atau administrator IT kamu (tentu saja, itu maksud mereka). Jika kamu tidak mengetahuinya, pada dasarnya kamu hanya kurang beruntung. Maaf. Jika kamu tahu itu, masuklah.
  5. Untuk mengaktifkan beberapa aplikasi sambil membiarkan orang lain disembunyikan, geser slider di sebelah aplikasi yang ingin kamu gunakan ke On /hijau.
  6. Ketuk Nonaktifkan Pembatasan untuk mengaktifkan semua aplikasi dan menonaktifkan Pembatasan Konten. Masukkan Passcode.


Cara Mendapatkan Kembali Aplikasi Yang Dihapus

Aplikasi kamu mungkin hilang karena telah dihapus. Pada versi sebelumnya dari iOS, tidak mungkin untuk menghapus aplikasi bawaan. Apple mengubahnya di iOS 10, memungkinkan kamu menghapus banyak aplikasi bawaan yang telah dimuat sebelumnya (walaupun secara teknis aplikasi tersebut hanya disembunyikan, tidak dihapus).

Untuk mempelajari cara menginstal ulang aplikasi bawaan yang telah dihapus, baca Cara Men-download Aplikasi yang Telah kamu beli.

Mendapatkan Kembali Aplikasi Setelah Jailbreak

Jika kamu telah melakukan jailbreak ponsel kamu, kemungkinan kamu telah benar-benar menghapus beberapa aplikasi bawaan ponsel kamu. Jika itu yang terjadi, kamu harus mengembalikan ponsel kamu ke pengaturan pabrik agar aplikasi tersebut kembali. Ini akan menghilangkan jailbreak, tapi ini satu-satunya cara untuk mengembalikan aplikasi tersebut.

Jadi, saat aplikasi Safari, FaceTime, atau App Store kamu hilang atau dihapus, itu masih ada dan dapat dipulihkan dengan mudah. Kamu hanya perlu mengetahui passcode atau beberapa langkah di App Store untuk mendapatkannya kembali.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.