6/3/17

iPhone Kamu Dinonaktifkan? Inilah Cara Memperbaikinya

iPhone ini dinonaktifkan

Jika iPhone kamu menunjukkan pesan di layar "iPhone ini Dinonaktifkan" atau "This iPhone is Disabled", kamu mungkin kebingungan karena tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Tampak jauh lebih buruk lagi jika pesan juga mengatakan bahwa kamu tidak akan dapat menggunakan iPhone selama 23 juta menit. Untungnya, itu semua tidak seburuk kelihatannya. Jika iPhone (atau iPod) kamu dinonaktifkan, baca terus untuk mengetahui apa yang terjadi dan cara memperbaikinya.

Mengapa iPhone dan iPod Bisa Dinonaktifkan

Perangkat iOS apa pun - iPhone, iPad, iPod touch - dapat dinonaktifkan, namun pesan yang kamu lihat masuk dalam beberapa bentuk yang berbeda.

Terkadang kamu hanya akan mendapatkan pesan biasa "iPhone Ini Dinonaktifkan" atau yang menambahkan dengan jumlah menit dan kamu harus mencobanya lagi dalam 1 menit atau 5 menit seperti berikut :"iPhone is disabled try again is 1 minutes". Terkadang, kamu bahkan akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa iPhone atau iPod dinonaktifkan selama 23 juta menit dan untuk dicoba nanti. Jelas, kamu tidak mau menunggu selama 23 juta menit, jika dihitung ke dalam tahun hasilnya hampir 44 tahun. Kamu mungkin perlu iPhone sebelum itu.

Apapun pesan yang kamu dapatkan, penyebabnya sama. IPod atau iPhone akan dinonaktifkan saat seseorang memasukkan passcode yang salah berkali-kali.

Passcode adalah tindakan pengamanan yang dapat kamu aktifkan di iOS agar setiap orang harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan perangkat. Jika passcode yang salah dimasukkan 6 kali berturut-turut, perangkat akan mengunci dirinya sendiri dan mencegah kamu memasukkan upaya kode sandi baru. Jika kamu memasukkan pascode yang salah lebih dari 6 kali, kamu mungkin akan mendapatkan pesan 23 juta menit.

Ini bukan jumlah sebenarnya dari waktu yang kamu butuhkan untuk menunggu. Pesan itu hanya mewakili waktu yang sangat lama dan dirancang agar kamu bisa beristirahat sejenak dari mencoba passcode.

Jika kamu melihat pesan itu, itu berarti seseorang atau mungkin kamu sendiri (yang berpotensi menjadi tanda peringatan) telah memasukkan passcode yang salah sebanyak 6 kali.

Memperbaiki iPhone atau iPod yang Dinonaktifkan 


Memperbaiki iPhone, iPod, atau iPad yang cacat, relatif mudah. Ini sebenarnya adalah rangkaian langkah yang sama seperti apa yang harus dilakukan saat kamu lupa passcode kamu.

  1. Langkah pertama yang harus kamu coba adalah mengembalikan perangkat dari cadangan. Untuk melakukannya, sambungkan perangkat iOS kamu ke komputer yang pernah kamu sinkronkan. Di iTunes, klik tombol Restore. Ikuti petunjuk pada layar dan dalam beberapa menit, perangkat kamu harus dapat digunakan lagi. Sadarilah bahwa ini berarti kamu akan mengganti data kamu saat ini dengan backup atau cadangan data yang lebih tua dan akan kehilangan data yang ditambahkan sejak cadangan dibuat.
  2. Jika itu tidak berhasil, atau jika kamu tidak pernah menyinkronkan perangkat dengan iTunes, kamu perlu mencoba Recovery Mode. Sekali lagi, kamu mungkin kehilangan data yang ditambahkan sejak kamu mencadangkannya yang terakhir.
  3. Salah satu dari dua langkah tersebut biasanya akan berhasil, namun jika tidak, coba DFU Mode, yang merupakan versi Recovery Mode yang lebih ekstensif.
  4. Pilihan bagus lainnya adalah menggunakan iCloud dan Find My iPhone untuk menghapus semua data dan setting dari telepon kamu. Masuk ke iCloud atau unduh aplikasi Find My iPhone (terbuka di iTunes) ke perangkat iOS kedua. Kemudian masuk dengan nama pengguna dan sandi iCloud kamu bukan akun milik orang yang perangkatnya kamu gunakan). Gunakan Find My iPhone untuk menemukan perangkat kamu dan kemudian lakukan Penghapusan Jarak Jauh. Ini akan menghapus semua data pada perangkat kamu, jadi lakukan hanya jika kamu menyimpan semua data kamu, namun juga akan mengatur ulang ponsel kamu sehingga kamu dapat mengaksesnya lagi. Jika kamu telah mencadangkan data kamu ke iCloud atau iTunes, kamu dapat memulihkannya dari itu.

  5. Apa yang Harus Dilakukan Setelah Memperbaiki iPhone yang Dinonaktifkan

    Setelah iPod, iPhone, atau iPad kamu kembali seperti semual, kamu mungkin ingin mempertimbangkan dua hal: menetapkan passcode baru yang lebih mudah diingat sehingga kamu tidak dapat masuk ke situasi ini lagi.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.