7/4/17

My Photo Stream vs iCloud Photo Library: Apa Perbedaannya?

My Photos Stream di iPad dan iPhone

Jika kamu sedikit bingung dengan fitur berbagi foto Apple, bergabunglah dengan banyak orang. Upaya pertama Apple untuk solusi foto berbasis awan atau cloud adalah Photo Stream, yang mengupload semua foto yang diambil oleh iPhone atau iPad ke semua perangkat iOS lainnya yang terhubung ke akun yang sama. Setelah beberapa tahun menjadi solusi yang tidak sempurna, Apple memperkenalkan iCloud Photo Library. Tapi alih-alih mengganti dan membangun Photo Stream, Apple ternyata meninggalkan layanan yang lebih tua.

Jadi mana yang harus kamu gunakan?

Apa itu My Photo Stream?

"My Photo Stream" adalah fitur di iPad kamu yang memungkinkan kamu berbagi foto terbaru antara semua perangkat iOS kamu. Ini berarti kamu dapat mengambil foto di iPhone kamu dan melihatnya di iPad kamu tanpa perlu mengkalsot foto-foto kamu secara manual. Saat kamu memotret dan My Photo Stream dihidupkan, foto tersebut diupload ke cloud dan kemudian didownload ke perangkat kamu yang lain.

Apa itu 'cloud'? Kita sering mendengarnya belakangan ini, tapi masih saja bisa membingungkan orang-orang yang tidak tahu jargonnya. 'Cloud' hanyalah cara yang bagus untuk mengatakan Internet. Jadi ketika kamu mendengar 'iCloud', kamu bisa menerjemahkannya ke bagian yang diukir Apple dari Internet. Lebih khusus lagi, foto diupload ke server Apple melalui Internet dan kemudian didownload ke perangkat kamu yang lain dari server ini.

"Shared Photo Stream" adalah fitur yang diperkenalkan Apple setelah My Photo Stream.

Alih-alih mengunggah setiap foto yang diambil, kamu dapat memilih foto mana yang akan dibagikan ke aliran foto pribadi ini. Ini memungkinkan kamu memilih foto terbaik dan memilih teman dan keluarga mana yang dapat melihat foto tersebut.

My Photo Stream memiliki keterbatasan hanya menyimpan foto terbaru yang diambil dalam 30 hari terakhir hingga maksimum 1.000 foto.

Shared photo stream tidak memiliki batasan berbasis waktu, memungkinkan kamu berbagi foto dan menyimpannya tanpa batas waktu. Namun, ia memiliki batasan total 5.000 foto. Shared photo stream telah diubah namanya menjadi iCloud Photo Sharing.

Perbedaan Photo Stream dengan iCloud Photo Library

Photo Stream dan iCloud Photo Library keduanya serupa, tapi keduanya berfungsi dengan cara yang sedikit berbeda.

ICloud Photo Library mirip dengan My Photo Stream yang mengupload foto ke cloud dan menyinkronkannya di semua perangkat iOS. Ini juga akan mendownload foto ke Mac atau PC berbasis Windows. Dan tidak seperti Photo Stream, iCloud Photo Library juga dapat menyimpan video. Tapi perbedaan terbesar antara kedua layanan tersebut adalah bahwa iCloud Photo Library menyimpan salinan berukuran penuh di cloud dan tidak memiliki batasan jumlah foto dan video maksimum. Namun, karena mengambil sebagian dari batas penyimpanan iCloud kamu, kamu dapat dengan cepat mencapai alokasi penyimpanan maksimum kamu.

Karena iCloud Photo Library tersimpan di web, kamu juga bisa mendapatkan akses ke foto kamu melalui web browser. Kamu bisa melakukan ini dengan mengunjungi website iCloud.com dan masuk dengan Apple ID kamu.

Kamu juga dapat memilih untuk mengurangi jumlah penyimpanan yang diambil foto dan video pada perangkat kamu dengan mengoptimalkan foto di iPad atau iPhone kamu. Ini menyimpan foto berukuran penuh di server dan versi ukuran rendah pada perangkat kamu.

Bisakah Keduanya My Photo Stream dan iCloud Photo Library Digunakan Sekaligus?

Di sinilah situasinya sangat membingungkan. Bahkan jika kamu mengaktifkan iCloud Photo Library, kamu akan memiliki opsi untuk mengaktifkan My Photo Stream. Jadi, sebenarnya kamu bisa menggunakannya sekaligus. Pertanyaan besarnya adalah: apakah kamu benar-benar ingin menggunakan keduanya?

ICloud Photo Library sendiri akan memberi kamu akses ke semua foto dan video kamu dari semua perangkat kamu.

Hal ini juga akan menggantikan fitur My Photo Stream dalam banyak kasus. Namun, salah satu alasan mengapa kamu mengaktifkan keduanya adalah menggunakannya dengan iPhone dan hanya menggunakan My Photo Stream di iPad kamu. Ini akan memberi kamu akses ke foto terbaru di iPad kamu tanpa mengambil ruang ekstra untuk menyimpan setiap foto yang kamu miliki di tablet kamu. Bahkan dalam bentuk yang optimal, ini bisa memakan ruang penyimpanan yang berharga.

Fitur lain yang berguna dari My Photo Stream adalah kemampuan untuk menghapus foto dari arus tanpa menghapusnya dari perangkat. Saat kamu menghapus foto dari iCloud Photo Library, kamu akan menghapusnya dari perangkat dan iCloud. Jika kamu menghapus foto dari album "Album Foto Saya", foto itu hanya akan menghapus foto dari photo stream dan kamu dapat menyimpan salinannya di iPhone atau iPad kamu. Ini bisa berguna jika kamu mengambil banyak screenshot atau mengambil foto untuk referensi, seperti memotret furnitur saat kamu berbelanja. Kamu mungkin tidak menginginkan foto-foto ini di setiap perangkat.

Dan bagaimana dengan iCloud Photo Sharing?

Fitur Photo Stream Sharing yang telah lama diubah namanya menjadi iCloud Photo Sharing untuk menghindari kebingungan. Mana yang bagus karena My Photo Stream dan iCloud Photo Library membuat kebingungan yang cukup dengan sendirinya.

Tapi selain namanya, Photo Stream Sharing pada dasarnya tetap sama. Kamu dapat mengaktifkannya melalui pengaturan iCloud di aplikasi Settings iPad kamu. Ini terletak di bagian Foto dari Pengaturan iCloud dan merupakan pilihan terakhir di bawah My Photo Stream. Kamu dapat berbagi foto apa pun di aplikasi Foto dengan mengetuk tombol Share dan memilih iCloud Photo Sharing.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.