7/21/17

Cara Mengganti Tema iPhone dan iPad Menggunakan Anemone

Bagaimana cara mengganti tema di iPhone atau iPad? Jika perangkat kamu dijailbreak, kamu bisa mengganti tema dengan mudah menggunakan tweak Anemone atupun WinterBoard. Namun, jika perangkat iDevice kamu tidak dijailbreak kamu tidak akan bisa mengubah tema iOS. Itu karena Apple tidak membekali fitur theming atau pengubah tema di iPhone, iPad, atau iPod Touch.

AnemoneTheming Tweak iOS 19

Tidak adanya fitur Theming di iOS inilah yang menjadikan alasan utama sebagian besar pengguna iPhone atau iPad melakakukan jailbreak. Dan saat kamu ingin menginstall tema di perangkat iOS yang dijailbreak, kebanyakan pengguna akan menyarankan WinterBoard. Namun, Anemone adalah alternatif yang sama bagusnya dan sama-sama dicintai oleh pengguna jailbreaker karena ia menawarkan beberapa kelebihan dibanding Anemone.

Anemone membantu kamu menyesuaikan tampilan berbagai aspek iOS seperti Icon Look, Icon Shape, Dock, Icon Baterai, ikon Wi-Fi, Control Center, dll. Sebenarnya, Anemone menawarkan pilihan penyesuaian estetika yang lebih banyak dan lebih baik dari WinterBoard. Jadi jika kamu berpikir untuk menginstal Anemone di perangkat iOS jailbreak kamu, kamu harus tahu bahwa WinterBoard dan Anemone tidak dapat berjalan secara bersamaan. Jadi kamu perlu mengucapkan selamat tinggal pada WinterBoard saat menginstal Anemone.

Tapi jangan uninstall WinterBoard secara manual. Kamu perlu terlebih dulu membuat cadangan semua tema WinterBoard dan data perangkat kamu. Jangan menghapus WinterBoard, karena akan dihapus secara otomatis saat kamu menginstal Anemone di perangkat kamu. Sebaiknya gunakan pengelola file untuk menyimpan folder yang berisi tema dan penyiapan WinterBoard kamu, jadi ini akan membantu Anda menyimpan tema yang telah kamu beli dari Cydia.

Cara Menggunakan Anemone pada perangkat iOS Kamu:

1. Kamu harus mendownload dan menginstal aplikasi Anemone di perangkat IOS Jailbroken terlebih dulu. Pergilah ke Cydia dan cari Anemone secara langsung; kamu tidak perlu menambahkan repository secara manual untuk mendownload Anemone. Namun, jika kamu tidak dapat menemukan Anemone di Cydia, kamu mungkin menjalankan versi iOS jailbreak yang jauh lebih lama. Lagi pula, kamu bisa menambahkan repo https://anemonetheming.com/repo/ lalu download Anemone. Pastikan bahwa kamu menambahkan huruf s setelah http (s) di URL repo, karena URL repo default Cydia memasukkannya sebagai http.

Anemone Di Cydia

2. Setelah Anemone diinstal pada perangkat kamu, maka perangkat akan di restart secara otomatis. Jika tidak, maka reboot perangkat iOS kamu secara manual dan kamu akan menemukan Anemone di Home screen. Cukup ketuk ikon dan Anemone akan terbuka. Jika sebelumnya kamu telah menginstal tema untuk WinterBoard di perangkat iOS kamu, kamu harus melakukan redownload tema tersebut agar dapat bekerja dengan Anemone. Kamu tidak perlu membeli tema itu lagi, karena Cydia menyimpannya secara otomatis. Setelah kamu redownload tema-tema itu, maka tema akan mulai muncul dalam daftar Anemone. Cukup ketuk tombol Enable untuk melihat opsi di Anemone. Setiap pilihan memiliki lingkaran tepat disampingnya, yang bisa diatur untuk mengaktifkan pilihan itu. Setelah mengetuk tombol Apply, layar pratinjau akan muncul, dan kamu akan dapat melihat bagaimana tampilan tema akan terlihat setelah menginstal.

Tweak Anemone

3. Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak tema ke Anemone, prosesnya sangat mudah. Download saja tema dari Cydia, tapi pastikan tema yang kamu download kompatibel dengan Anemone. Setelah mendownload tema, buka Anemon dan tema akan muncul dalam daftar. Untuk menginstal tema, sentuh Enable> Options> Apply. Jika kamu menyukai tampilan tema di pratinjau, cukup ketuk tombol pengetikan sekali lagi dan tema akan diterapkan ke keseluruhan UI iOS. Ini adalah proses yang sama yang harus kamu ikuti untuk semua tema.

Tweak Anemone 2

4. Setelah kamu menerapkan tema di Anemone, kamu akan melihat perubahannya setelah kamu me-reboot perangkat iOS kamu.

Anemone seharusnya kompatibel dengan WinterBoard, karena akan memberi pengguna pilihan untuk menggunakan kedua aplikasi theming tersebut. Meskipun demikian, Anemone mendapatkan UI yang lebih baik dan juga menggunakan sumber daya yang lebih sedikit daripada WinterBoard, oleh karena itu, ini adalah alternatif yang bagus untuk semua pengguna jailbreak baru dan lama untuk menyesuaikan UI tampilan iOS.

Kamu mungkin juga ingin memeriksa artikel menarik lainnya terkait jailbreak:


Kamu bisa mengikuti AnditoBlog di Twitter atau bergabung dengan halaman Facebook kami untuk terus memperbarui semua hal terbaru dari Apple.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.