7/14/17

5 Cara Memperbaiki iPhone Yang Tidak Mau Nge-Charge

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana iPhone kamu tiba-tiba tidak dapat di charge padahal sudah terhubung ke sumber daya listrik yang baik? Mungkin sudah saatnya mengganti dengan baterai baru (dan karena baterai iPhone tidak dapat digantikan oleh rata-rata pengguna, kamu harus membayar jasa layanan bersama dengan baterai itu sendiri). Tapi belum tentu. Ada sejumlah hal yang bisa mengganggu kemampuan iPhone kamu untuk mengisi baterai. Cobalah hal-hal ini sebelum kamu berangkat untuk mengganti baterai iPhone kamu.

1. Restart iPhone

Cara Memperbaiki iPhone Yang Tidak Mau Nge-Charge

Kamu akan terkejut seberapa sering restart iPhone kamu dapat memecahkan masalah yang kamu hadapi dengan perangkat kamu. Ini tidak akan memecahkan masalah yang lebih serius, tapi jika telepon kamu tidak mau nge-charge, lakukan restart dan coba lagi sambungkan.

2. Ganti Kabel USB
Kabel USB iPhone Putus

Penyebab iPhone kamu tidak bisa di charge, kemungkinan ada masalah dengan kabel USB yang kamu gunakan untuk menghubungkan iPhone ke komputer atau adaptor daya kamu. Satu-satunya cara untuk menguji ini adalah mencoba menggunakan kabel USB iPhone lain. Jika kamu menemukan bahwa itu adalah kabel USB kamu yang rusak, kamu bisa membeli yang baru.

Salah satu pilihan yang baik adalah kabel USB Seri Elemen iXCC, yang panjangnya satu meter, dilengkapi dengan chip otorisasi yang dikeluarkan oleh Apple dan kompatibel dengan iPhone 5 dan yang lebih tinggi. Sebagai bonus tambahan itu juga hadir dengan garansi 18 bulan.

3. Ganti Adaptor Charger
Adaptor Charger iPhone

Jika kamu mengisi daya baterai iPhone menggunakan adaptor daya pengisi daya dinding (bukan dengan memasukkannya ke komputer kamu), ini bisa menjadi adaptor yang mencegah iPhone kamu charge. Sama seperti dengan kabel USB, satu-satunya cara untuk memeriksa ini adalah dengan mendapatkan adaptor daya (alternatifnya, kamu juga bisa mencoba mengisi daya melalui komputer).

4. Periksa Lint
Periksa Lint iPhone - Lubang Charge iPhone

Ini bukan masalah umum, tapi mungkin saja ada kotoran dari saku atau tas kamu ke konektor Lightning iPhone atau kabel USB kamu. Jika ada cukup bersihkan dari sana, itu bisa mencegah hardware terhubung dengan benar dan dengan demikian menghentikan listrik untuk mencapai baterai iPhone.

5. Gunakan iPhone Recovery Mode
IPhone 6s Recovery Mode

Terkadang masalah yang terjadi dengan iPhone kamu memerlukan langkah yang lebih luas untuk menyelesaikannya. Salah satu langkah tersebut adalah Recovery Mode. Ini seperti restart tapi bisa membantu memecahkan masalah yang lebih kompleks. Penting untuk diketahui bahwa di Recovery Mode, kamu menghapus semua data di telepon kamu. Bila kamu menggunakan Recovery Mode, telepon kamu akan meminta agar data dipulihkan dari backup atau dikembalikan ke pengaturan pabrik.

6. Baterai iPhone Kamu Sudah Mati

Jika semua langkah diatas tidak ada yang bekerja, hampir pasti kebenarannya adalah baterai iPhone kamu sudah mati dan perlu diganti. Perlu diingat juga, bahwa jika iPhone kamu berumur kurang dari satu tahun, atau jika kamu memiliki AppleCare, penggantian baterai akan ditutup secara gratis.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.