8/6/17

Apa itu HEIF dan Mengapa Apple Menggunakannya?

Efek Loop baru di iOS 11

Apple mengadopsi format baru untuk gambar yang disebut HEIF (High Efficiency Image Format) pada tahun 2017. Inilah mengapa penting: format menyimpan gambar dengan kualitas lebih baik saat mengambil ruang penyimpanan jauh lebih sedikit.

Sebelum HEIF, Apple menggunakan format file yang disebut JPEG (diucapkan Jay-Peg). Dikembangkan pada tahun 1992, format JPEG sukses besar untuk apa adanya, tapi dibuat pada saat komputer tidak secanggih seperti sekarang.

HEIF didasarkan pada teknologi kompresi video canggih yang dikembangkan oleh Motion Picture Experts Group, HVEC (juga dikenal sebagai H.265). Itu sebabnya ia mampu membawa begitu banyak informasi.

Di sinilah HEIF berlaku untuk dunia nyata: kamera di iPhone 7 dapat menangkap informasi warna 10-bit, namun format JPEG hanya bisa menangkap warna dalam 8-bit. Itu pada dasarnya berarti format HEIF mendukung transparansi dan bisa menangani gambar dalam 16 bit. Dan dapatkan ini: gambar HEIF berukuran sekitar 50 persen lebih kecil dari gambar yang sama yang tersimpan dalam format JPEG. Gambar terkompresi itu berarti Anda harus dapat menyimpan dua kali lebih banyak gambar pada iPhone atau perangkat iOS lainnya.

Keuntungan besar lainnya adalah HEIF bisa membawa banyak jenis informasi.

Sementara JPEG dapat membawa data yang terdiri dari satu gambar tunggal, HEIF dapat membawa kedua gambar tunggal dan urutannya-ia bertindak seperti wadah. Anda bisa menyimpan banyak gambar, dan juga bisa menempatkan audio, kedalaman informasi lapangan, thumbnail gambar dan informasi lainnya di sana.

Bagaimana Apple menggunakan HEIF?

Penggunaan HEIF sebagai wadah untuk informasi citra dan gambar berarti Apple dapat berpikir untuk melakukan lebih banyak hal dengan kamera dan gambar iOS Anda.

Portrait Mode milik Apple iPhone 7 adalah contoh bagus bagaimana perusahaan bisa bekerja dengan ini. Portrait Mode menangkap beberapa versi gambar dan menjahitnya bersama-sama untuk membuat Portrait yang jauh lebih baik dengan kualitas yang jauh lebih tinggi daripada JPEG.

Kapasitas untuk membawa kedalaman informasi lapangan di dalam gambar HEIF "wadah" memungkinkan Apple menggunakan format terkompresi sebagai bagian dari teknologi realitas tambahan yang sedang dikerjakannya.

"Garis antara foto dan video kabur, dan banyak dari apa yang kita ambil adalah kombinasi dari kedua aset ini," kata VP Software Apple, Sebastien Marineau-Mes di WWDC.

Bagaimana HEIF Bekerja?

Pengguna Mac dan iOS yang menginstal iOS 11 dan macos High Sierra akan secara otomatis dipindahkan ke format gambar baru, namun hanya gambar yang mereka potret setelah mereka upgrade akan disimpan dalam format baru ini.

Semua gambar lama Anda akan disimpan dalam format gambar yang ada.

Ketika sampai pada berbagi gambar, perangkat Apple hanya akan mengubah gambar HEIF menjadi JPEG. Anda seharusnya tidak memperhatikan transcoding ini terjadi.

Ini karena Apple telah menyediakan standar video HVEC di dalam perangkat keras iPhone dan iPad sejak pertama kali mengenalkan produk tersebut. IPhone dan iPad dapat mengkodekan dan memecahkan kode gambar dalam format video hampir seketika. Begitu juga saat menangani HEIF.

Ini berarti bahwa ketika Anda mengirim sebuah gambar ke email, kirimkan dengan iMessage, atau kerjakan di aplikasi yang tidak memiliki HEIF yang mendukung perangkat Anda dengan diam-diam akan mengubahnya menjadi JPEG secara real-time.

Karena pengguna iOS dan macOS bermigrasi ke format baru, Anda akan melihat lebih banyak dan lebih banyak gambar yang membawa ekstensi nama file .heif, yang menandakan bahwa mereka disimpan dalam format.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.