9/9/17

Cara Menggunakan Find My iPhone untuk Menemukan Telepon yang Hilang

Menggunakan Find My iPhone
Find My iPhone dalam tindakan di iCloud. Foto: Macrumors.com

Jika iPhone kamu telah dicuri atau hilang, Apple menawarkan alat gratis untuk membantu kamu mendapatkannya kembali. Dan, kalaupun kamu tidak bisa mendapatkannya kembali, kamu bisa mencegah pencuri mendapatkan data pribadi kamu.

Untuk melakukan ini, kamu memerlukan Find My iPhone, layanan gratis yang merupakan bagian dari iCloud, yang menggunakan GPS dan koneksi Internet ponsel kamu untuk membantu kamu menemukannya di peta dan melakukan tindakan tertentu. Tidak ada yang ingin membutuhkan artikel ini, tapi jika kamu melakukannya, petunjuk ini akan membantu kamu menggunakan Find My iPhone untuk menemukan iPhone yang hilang atau dicuri.

Apa yang kamu perlukan


Cara Menggunakan Find My iPhone untuk Menemukan atau Menghapus Telepon Kamu

Seperti telah disebutkan, kamu HARUS menyiapkan layanan Find My iPhone di perangkat sebelum dicuri. Jika kamu melakukannya, kunjungi https://www.icloud.com/ di browser web.

Ada juga aplikasi Find My iPhone (link yang membuka iTunes) yang dapat kamu instal di perangkat iOS lain untuk melacak lagu kamu. Artikel ini mencakup penggunaan alat berbasis web, meski menggunakan aplikasinya sangat mirip. Jika iPhone atau iPod touch kamu (atau iPad atau Mac) hilang, ikuti langkah-langkah ini untuk mencoba memulihkannya:

  1. Log in ke iCloud menggunakan akun yang kamu gunakan saat menyiapkan Find My iPhone. Ini mungkin akun Apple ID/iTunes kamu.
  2. Klik Find iPhone di bawah alat berbasis web yang ditawarkan oleh iCloud. Find My iPhone segera mulai mencoba untuk menemukan semua perangkat yang kamu mengaktifkannya. Kamu akan melihat pesan di layar saat bekerja.
  3. Jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat yang disiapkan untuk Find My iPhone, klik All Devices di bagian atas layar dan pilih perangkat yang kamu cari.
  4. Jika memasang perangkat kamu, Find My iPhone akan memperbesar peta dan menunjukkan lokasi perangkat menggunakan titik hijau. Bila ini terjadi, kamu dapat memperbesar atau memperkecil peta, dan melihatnya dalam mode standar, satelit, dan hibrida, seperti di Google Maps. Saat perangkat kamu ditemukan, jendela akan muncul di sudut kanan web browser kamu. Ini memungkinkan kamu mengetahui berapa banyak baterai yang dimiliki telepon kamu dan menawarkan beberapa pilihan.
  5. Klik Play Sound. Ini adalah pilihan pertama karena mengirim suara ke perangkat paling baik saat kamu mengira telah kehilangan perangkat di dekat kamu dan ingin membantu menemukannya. Hal ini juga dapat membantu jika kamu merasa seseorang memiliki perangkat kamu namun tidak mengakuinya.
  6. Kamu juga bisa klik Lost Mode. Ini memungkinkan kamu untuk mengunci layar perangkat dari jarak jauh dan menetapkan passcode (walaupun kamu sebelumnya belum pernah membuat passcode). Ini mencegah pencuri menggunakan perangkat kamu atau mengakses data pribadi kamu. Setelah kamu mengklik tombol Lost Mode, masukkan passcode yang ingin kamu gunakan. Jika kamu sudah memiliki passcode pada perangkat, kode itu akan digunakan. Kamu juga dapat memasukkan nomor telepon di mana orang yang memiliki perangkat dapat menghubungi kamu (ini opsional; kamu mungkin tidak ingin membagikan informasi ini jika dicuri). Kamu juga memiliki pilihan untuk menulis pesan yang ditampilkan di layar perangkat.
  7. Jika kamu merasa tidak akan mengembalikan telepon, kamu dapat menghapus semua data dari perangkat. Untuk melakukan ini, klik tombol Erase. Kamu akan melihat peringatan (pada dasarnya, jangan lakukan ini kecuali kamu benar-benar yakin ingin melakukannya). Klik kotak yang mengatakan bahwa kamu mengerti apa yang kamu lakukan dan klik Erase. Ini akan menghapus semua data di telepon kamu, mencegah pencuri mengaksesnya. Jika perangkat kamu kembali, kamu dapat memulihkan data dari cadangan. 
  8. Jika menurut kamu perangkat kamu sedang bergerak, klik titik hijau yang mewakili telepon kamu lalu klik panah bulat di jendela pop-up. Ini memperbarui lokasi perangkat menggunakan data GPS terbaru.

Apa yang Harus Dilakukan Jika iPhone Kamu Offline

Sekalipun kamu telah menyetel Find My iPhone, perangkat kamu mungkin tidak muncul di peta. Alasan mengapa hal ini bisa terjadi termasuk perangkat itu:

  • Dimatikan atau kehabisan baterai
  • Tidak terhubung ke Internet
  • Telah menonaktifkan Layanan Lokasi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang situasi itu, baca Mengapa Find My iPhone Tidak Berfungsi?

Jika Find My iPhone tidak bekerja untuk alasan apapun, kamu memiliki beberapa pilihan:

  • Periksa kotak Notify Me When Found. Find My iPhone akan memberi tahu kamu saat perangkat kamu terhubung ke Internet sehingga kamu dapat menemukannya
  • Tiga pilihan - Play Sound, Lost Mode, dan Erase - tersedia. Gunakan apapun yang kamu inginkan dan saat perangkat terhubung ke Internet, opsi yang kamu pilih akan terjadi
  • Pilih Remove from Account jika kamu telah menjual atau memberi tahu perangkat dan tidak menginginkannya muncul di Find My iPhone lagi.

You might also enjoy reading

Subscribe

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan Artikel terbaru pilihan dari Andito Blog

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik.